Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ Konfigurasi TP-LINK WA5110G Bersama Teman-Teman BLC Telkom ~ Murni-||-BLC Telkom Klaten

SMK SAKTI GEMOLONG

BLC Telkom Klaten

Jumat, 18 November 2016

Konfigurasi TP-LINK WA5110G Bersama Teman-Teman BLC Telkom

Konfigurasi TP-LINK WA5110G

Assalamu'alaikum wr.wb
Selamat pagi, disini saya akan berbagi sedikit ilmu mengenai Step by Step Configure TP-LINK WA5110G. Langsung saja ya.

A. Pengertian

TP-LINK, adalah perusahaan pembuat produk jaringan komputer yang berkantor pusat di Shenzhen, Guangdong, Tiongkok. Perusahaan ini adalah pemegang pangsa pasar jaringan SOHO terbesar di Tiongkok.TP-Link menempati posisi teratas perusahaan pengirim produk LAN nirkabel secara global pada kuartal pertama tahun 2013.

B. Latar Belakang

Latar belakang saya mengkonfigurasi TP-LINK ini adalah agar teman-teman baru saya di BLC Telkom mengetahui bagaimana cara setting konfigurasi TP-LINK.

C. Maksud dan Tujuan

Agar dapat mengetahui cara setting konfigurasi TP-LINK dengan benar, dan juga agar dapat memancarkan wifi menggunakan TP-LINK.

D. Alat dan Bahan

1. Laptop
2. TP-LINK WA5110G dan Powernya
3. Kabel UTP Straight

E. Jangka Waktu yang dibutuhkan

Waktu yang kami butuhkan dalam mengkonfigurasi TP-LINK ini adalah kurang lebih 15-20 menitan, karena sedikit ada masalah yaitu susah untuk di reset.

F. Tahap Pelaksanaan

Yang pertama, silakan edit connection di laptop anda. Untuk ip address nya terserah anda, tapi harus satu subnet dengan ip default dari TP-LINK nya.


Kemudian remote TP-LINK menggunakan web browser, dengan mengetikkan ip default dari TP-LINK nya, yaitu 192.168.1.254


Setelah itu, Klik Menu Quick Setup > Next.


Selanjutnya, mode type nya silakan pilih AP > Next.


Kemudian akan muncul seperti dibawah ini, untuk SSID/untuk nama TP-LINK nya, saya beri nama "TP-LINK SMKBISA" dan untuk channel nya silakan pilih terserah kalian yang penting tidak bertabrakan dengan channel TP-LINK lainnya yang dalam satu jaringan > Next.


Setelah itu, silakan langsung saja klik Finish.


Beralih ke menu Network, untuk ip address nya terserah kalian  mau diganti atau tidak. Ip address nya itu harus satu subnet dengan ethernet berapa yang terhubung ke mikrotik dari TP-LINK. Kemudian Save.


Berlanjut ke menu Security Settings. Ini untuk keamanan wifi anda. Kalau kalian pilih disable security, maka orang yang akan mengakses ke jaringan anda cuma login saja di web browser. Kalau anda pilih WPA-PSK/WPA2-PSK maka orang yang akan mengakses ke jaringan anda harus memasukkan password dan nantinya juga akan login lagi di web browser.



Berlanjut ke menu DHCP, silakan di disable saja. Start dan End IP Address nya itu adalah tempat dimana anda dapat membatasi berapa client yang dapat mengakses ke jaringan anda > Save.


Untuk menyimpan konfigurasi dan merestart TP-LINK, silakan klik menu System Tools>Reboot>Current. Maka akan merestart nantinya.

G. Hasil dan Kesimpulan

Hasilnya adalah TP-LINK telah terkonfigurasi, dan nantinya wifi dari mikrotik dapat terpancar menggunakan TP-LINK.


H. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/TP-Link 

I. Penutup

Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat. Selamat mencoba semoga berhasil. Sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr.wb

1 komentar: