Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ Mengganti Alamat IP dan Mengatur Waktu di Briker ~ Murni-||-BLC Telkom Klaten

SMK SAKTI GEMOLONG

BLC Telkom Klaten

Kamis, 27 Oktober 2016

Mengganti Alamat IP dan Mengatur Waktu di Briker

How to Changes IP Address and Setting Clock on Briker?


Assalamu'alaikum wr.wb
Selamat siang, saya disini akan sharing lagi, mengenai bagaimana sih step by step mengganti dan menambahkan ip address dan mengatur waktu pada Briker server? Mari kita simak dan coba bersama yuk gaess...

A. Pengertian

Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet.
Waktu disini termasuk : jam, tanggal dan tahun.

B. Latar Belakang

Saya memasukkan ip address di briker ini, berdasarkan ip yang untuk membuat vlan kemarin yang di debian router, yaitu : 192.168.111.2
C. Maksud dan Tujuan

Agar briker saya dapat dijalankan. Karena kalau ip addres yang saya masukkan tidak sama dengan yang saya buat ketika membuat vlan itu maka tidak akan mau diakses dari web browser itu brikernya.
D. Alat dan Bahan

1. 2 PC (sebagai debian router dan proxmox server)
2. Briker yang sudah terinstall di dalam server proxmox
3. Laptop
4. Akses internet

E. Jangka Waktu Yang dibutuhkan

Kalau lancar dan tahu alurnya, maka mudah sekali untuk menambahkan ip address dan menyinkronkan waktunya hanya dalam kisaran waktu 8-10 menit.
F. Tahap Pelaksanaan

Yang pertama, ubah ip address pada /etc/network/interfaces
Masukkan perintah : #vi /etc/network/interfaces


Untuk bisa mengganti pada /etc/network/interfaces maka ketika belum masuk itu, harus menekan tombol "i" terus menerus kemudian Enter.
Lalu, ketika sudah masuk, ubahlah address,network,broadcast,gateway dan dns-nameservers. Untuk menyimpan dan keluar silakan tekan tombol : Esc>wq!>Enter.






Kemudian, restart. Masukkan perintah : #/etc/init.d/networking restart





Agar dapat berubah ip nya, maka matikan dan hidupkan kembali eth0. Masukkan perintah seperti pada gambar dibawah ini.









Untuk melihat hasilnya, silakan masukkan perintah #ifconfig
Nah, sudah berubahkan address nya.





Berlanjut ke Settingan Waktu

Untuk melihat jam,tanggal nya silakan masukkan perintah #date
Ternyata briker saya sudah sinkron dengan laptop saya.


Kalau belum sinkron, silakan masukkan perintah #date -s "2016-10-27 21:28:16"




G. Hasil dan Kesimpulan

Hasilnya adalah brker dapat diakses melalui web browser dan settingan waktunya dapat sinkron dengan laptop/client.

H. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP
https://help.briker.org/v/2.0/id/instalasi/alamat_ip_address.html
https://help.briker.org/v/2.0/id/instalasi/tanggal_&_jam.html

I. Penutup

Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat. Apabila ada kurang dan salahnya saya mohon maaf. Sekian dan terma kasih.
Wassalamu'alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar