Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ Konfigurasi Point to Point Protocol (PPP) dan Frame Relay ~ Murni-||-BLC Telkom Klaten

SMK SAKTI GEMOLONG

BLC Telkom Klaten

Kamis, 20 Oktober 2016

Konfigurasi Point to Point Protocol (PPP) dan Frame Relay

How to Configure Point to Point Protocol and Frame Relay
on Cisco Packet Tracer


Assalamu'alaikum wr.wb
Hallo sobat cisco packet tracer, dalam kesempatan kali ini, saya akan sharing lagi mengenai step by step konfigurasi PPP dan Frame Relay. Sebelum itu, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa sih itu PPP dan Frame Relay? Langsung saja ya kita bahas bersama.

A. Pengertian

Point-to-Point Protocol (PPP) adalah data link protokol yang umum digunakan dalam membangun hubungan langsung antara dua node jaringan. Hal ini dapat menyediakan koneksi autentikasi, transmisi enkripsi (menggunakan ECP, RFC 1968), dan kompresi. PPP digunakan di banyak jenis jaringan fisik termasuk kabel serial, saluran telepon, trunk line, telepon seluler, jaringan radio khusus, dan serat optik seperti SONET. PPP juga digunakan melalui koneksi Akses Internet (sekarang dipasarkan sebagai "broadband"). Penyedia layanan Internet (ISP) telah menggunakan PPP untuk pelanggan dial-up akses ke Internet, karena paket IP tidak dapat dikirimkan melalui jalur modem sendiri, tanpa beberapa protokol data link.

Frame Relay adalah standar jaringan area luas teknologi yang menentukan fisik dan lapisan data link dari saluran telekomunikasi digital menggunakan packet switching metodologi. Awalnya dirancang untuk transportasi di seluruh Integrated Services Digital Network (ISDN) infrastruktur, dapat digunakan saat ini dalam konteks banyak antarmuka jaringan lainnya.

B. Latar Belakang

Point to point ini dapat menyediakan koneksi autentikasi, transmisi enkripsi dan kompresi. Nah, enkripsi dan kompresi itu apa? yang dimaksud disini adalah enkripsi dalam komputer dan kompresi data.
Enkripsi dalam komputer adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.
Kompresi data adalah sebuah cara untuk memadatkan data sehingga hanya memerlukan ruangan penyimpanan lebih kecil sehingga lebih efisien dalam menyimpannya atau mempersingkat waktu pertukaran data tersebut.

C. Maksud dan Tujuan

Agar saya dapat memahami konsep dari point to point protocol dan frame relay dengan tujuan untuk menghubungkan 2 jaringan dengan tertentu.

D. Alat dan Bahan

1. Laptop
2. Aplikasi Packet Tracer

E. Tahap Pelaksanaan

Buatlah topologinya seperti gambar berikut ini.
Kemudian setting addressing pada router1,router2,laptop1, dan laptop2. Dengan ip address :
R1 : Fa0/0 : 192.168.1.1/24
       Se2/0 : 172.16.1.1/24
R2 : Fa0/0 : 192.168.2.1/24
       Se2/0 : 172.16.1.2/24
Laptop1 : 192.168.1.2/24
Laptop2 : 192.168.2.2/24





Kemudian setting eigrp pada router 1 dan router 2. Masukkan perintahnya seperti pada gambar berikut ini. Caranya sama seperti pos blog saya yang dulu.



Setelah itu, setting konfigurasi encapsulation pada interface se2/0 pada R1 dan R2.



Berlanjut ke Konfigurasi Frame Relay.

Yang pertama, silakan setting Frame Relay yang ada pada Cloud 1. Langkah-langkahnya : Cloud1>Config>Serial0>Masukkan angka yang digunakan frame relay pada Router1>Add (untuk menambahkan).


Setelah itu, silakan setting Frame Relay lagi, Cloud1>Config>Serial1>Masukkan angka yang digunakan frame relay pada Router2>Add (untuk menambahkan).


Kemudian, silakan add Frame Relay Coud nya. Cloud1>Config>Frame Relay>Isikan pada kolom Frame Relay seperti berikut ini. Klik Add untuk menambahkan.


Selanjutnya, coba tes ping dari laptop 1 ke laptop 2. Dan juga sebaliknya. Kalau berhasil, berarti sukses konfigurasi point to point protocol dan frame relay anda.

 
F. Hasil dan Kesimpulan

Hasilnya adalah client Laptop 1 bisa berkomunikasi dengan Laptop 2 dengan melewati routing eigrp disetiap jaringan dan Frame Relay yang ada di cloud.

G. Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Frame_Relay 
https://id.wikipedia.org/wiki/Enkripsi 

H. Penutup

Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat dan apabila ada kurang dan salahnya saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr.wb 

0 komentar:

Posting Komentar