Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ W3school Offline on Linuxmint 17.3 ~ Murni-||-BLC Telkom Klaten

SMK SAKTI GEMOLONG

BLC Telkom Klaten

Rabu, 16 November 2016

W3school Offline on Linuxmint 17.3

W3school Offline on Linuxmint 17.3
 
Assalamu'alaikum wr.wb
Hallo sobat, kali ini saya akan sharing mengenai membuat w3school agar bisa diakses di linuxmint 17.3 secara offline. Silakan dicoba.

A. Pengertian

W3Schools adalah situs web developer informasi, dengan tutorial dan referensi yang berkaitan dengan topik pengembangan web seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, dan JQuery.

B. Latar Belakang

W3school ini memudahkan pengguna untuk belajar mengenai script html,php,css dan bahasa pemrograman lainnya.

C. Maksud dan Tujuan

Agar saya dapat mempelajari mengenai bahasa pemrograman secara efisien, karena secara offline pun bisa saya akses di laptop saya.
D. Alat dan Bahan

1. Laptop (Linuxmint 17.3)
2. File W3school
3. Akses Internet

E. Jangka Waktu Yang Dibutuhkan

Saya membutuhkan waktu 5 menit untuk membuat w3school offline di linuxmint 17.3 saya ini.

F. Tahap Pelaksanaan

Masuk ke super user > cd Download/ > ls (untuk melihat isi folder/direktori)


Selakan copy file w3school ke /var/www/html


Kemudian, masuk ke direktori /var/www/html > ls


Setelah itu, extrac file w3school nya. Masukkan perintah seperti berikut  ini.


ls > lihat apakah file nya tadi sudah terextrac atau belum.


Beri hak akses dan hak milik.


Silakan coba buka di web browser dengan mengetikkan "localhost/w3". Maka tampilannya seperti gambar berikut ini.


Pindah ke folder w3/. Kemudian lihat isinya apa saja. 


Untuk mengubah location alamat w3school di web browser, silakan edit di index.php


IP nya silakan ganti dengan localhost.


Kemudian, cek lagi dan masukkan "localhost/w3", maka akan tetap alamatnya "localhost/w3".

G. Hasil dan Kesimpulan

Hasilnya adalah di linuxmint 17.3 saya dapat mengakses w3school secara offne. Dan saya dapat mempelajari bahasa pemrograman dengan tidak risau lagi apabila tidak ada koneksi.

H. Referensi

Tutorial dari Mbah Suro Dhemit.

I. Penutup

Demikian sharing dari saya, selamat mencoba semoga berhasil. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.
Wassalamu'alaikum wr.wb

1 komentar: