Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ Konfigurasi DNS di Debian 8.5 ~ Murni-||-BLC Telkom Klaten

SMK SAKTI GEMOLONG

BLC Telkom Klaten

Rabu, 21 September 2016

Konfigurasi DNS di Debian 8.5

Konfigurasi DNS di Debian 8.5




Assalamu'alaikum wr.wb
Hai sobat..!!! Belajar dan coba konfigurasi DNS yuk dari debian 8.5 ikuti tutorial dari saya ya, semoga berhasil.

A. Pengertian

DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain.

B. Latar Belakang

Saya mengkonfigurasi DNS ini, supaya dalam menjelajahi suatu situs agar kita mudah dalam mengingat alamat situs tersebut kita harus melalui DNS jika kita menggunakan alamat IP pastinya kita susah untuk mengingatnya dan supaya saya dapat mengecek virtualhost yang telah saya buat. Karena untuk mengkonfigurasi pada debian selanjutnya pasti butuh sekali itu DNS.

C. Maksud dan Tujuan

Maksug dan tujuan saya mengkonfigurasi DNS ini adalah agar ketika saya membuka domain saya atau virtualhost saya dengan cara mengetikkan muri.net tidak bertemu dengan Marcusuar dan agar tidak bertemu atau pindah masuk ke domainnya orang lain.

D. Alat dan Bahan

1. PC sebagai server
2. Laptop
3. VM debian 8.5
4. Jaringan internet

E. Tahap Pelaksanaan

Silakan instal bind9 terlebih dahulu. Dengan perintah # apt-get install bind9



Kemudian tekan "y" untuk continue.


Setelah itu, pindah ke direktori /etc/bind


Lalu, edit file konfigurasi dengan masukkan perintah # nano named.conf.local


Kemudian tambahkan file seperti dibawah ini.
zone "nama domain anda" {
          type master;
          file "/etc/bind/db.sesuaikeinginan"
};
zone "3 oktet ip terakhir.in-addr.arpa" {
         type master;
         file "/etc/bind/db.192"
};

Untuk menyimpannya silakan tekan ctrl+x+y lalu Enter.

Kemudian silakan copy agar mempermudah dengan masukkan perintah seperti berikut ini.


Edit file pada db.murni.


Ubah seperti berikut ini. Cermat dan telitilah dalam mengedit file sepert dibawah ini. Karena salah satu huruf atau satu tanda pun akan mempengaruhi dan akan menjadi kesalahan.

Lalu simpan.
Setelah itu, edit file pada db.192


Ubah file seperti berikut ini.

Setelah itu simpan.
Selanjutnya, silakan restart dulu bind9 nya. Hingga muncul tulisan OK dibawahnya.


Setelah itu, buka file pada /etc/resov.conf


Pastikan isinya seperti dibawah ini.

Lalu simpan.
Kemudin cek apakah sudah muncul sesuai dengan file yang tadi ap belum dengan memasukkan perintah berikut ini.


Buka file pada drektor /etc/network/interfaces


Kita lihat, kita edit untuk setting networknya. Kemudian simpan.


Berikutnya kita restart.


Kita cek apakah DNS sudah behasil dibuat atau belum. Dengan memasukkan perntah # nslookup murni.net

Kalau sudah berhasil, maka ip server, ip address, dan nama domain nya berubah menjadi milik kita yang telah di setting tadi.


Setelah itu, saya akan mengecek dari komputer client deng # nslookup murni.net
Dan hasilnya sama dengan yang tadi.


Saya juga mengecek pada web browser, saya mengeceknya dengan cara mengetikkan name server atau nama server alias saya dan akhirnya bisa.



F. Hasil dan Kesimpulan

Dengan berhasil dibuatnya DNS ini, maka saya dapat membuka domain saya. Dan ketika saya coba buka di web browser, munculnya halaman tampilan apache2 karena belum saya setting untuk tampilan domain saya. Untuk membuat DNS ini, harus sangat berhati hati dalam mengkonfigurasinya, karena apabila salah satu huruf pun atau tanda titik (.) pun akan menjadi masalah dan dalam konfigurasi ini, saya sempat mengalami masalah dalam pengecekan nslookup murni.net karena p server dan ip address saya tidak sesuai dengan yang saya tambahkan di nano /etc/network/interfaces . Dan bisa berhasil karena dicoba dan diganti dicoba diganti terus akhirnya bisa.

G. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain  
Ebook TKJ (Buku Konfigurasi Debian Server)


H. Penutup

Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga berhasil. Terima kasih sudah membaca dan mampir di blog saya.
Wassalamu'alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar