Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ Konfigurasi FTP Server ~ Murni-||-BLC Telkom Klaten

SMK SAKTI GEMOLONG

BLC Telkom Klaten

Rabu, 14 September 2016

Konfigurasi FTP Server

Cara Konfigurasi FTP Server
Assalamu'alaikum wr.wb
Selamat sore gengs.. Masih semangat kan? masih dong tentunya. Belajar lagi yuk, mari kita belajar dan mencoba konfigurasi FTP. Langsung saja ya.

A. Pengertian

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, protokol untuk bertukar file melalui jaringan. FTP sering digunakan untuk mendownload sebuah file dari server maupun untuk mengupload file ke sebuah server. FTP ini bertugas dalam hal pertukaran file baik itu download ataupun upload di jaringan.

B. Latar Belakang

Protokol yang melakukan  trasfer file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol. Fungsi FTP adalah mempermudah dalam pembagian file-file, mempercepat secara tak langsung atau implicyt menggunakan komputer remote, melindungi user dari berbagai file storage system antar host.

C. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan saya mengkonfigurasi FTP ini adalah agar nantinya saya dapat bertukar file dan dapat melakukan upload-download file dari dan ke server dengan baik dan lancar.

D. Alat dan Bahan

1. Laptop
2. Debian
3. Jaringan internet

E. Jangka Waktu yang dibutuhkan

Kalau saya tadi membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk mengkonfigurasi FTP ini. Biasanya yang menjadi kendala atau membutuhkan waktu lama itu adalah dari sumber jaringan internetnya.

F. Tahap Pelaksanaan

1. Masuk terlebih dahulu ke proxmox
2. Kemudian masuk ke debian
3. Masuk ke user root
4. Langsung saja install proftpd

# apt-get install proftpd


kemudian nanti akan muncul pertanyaan untyk continue, maka silakan ketik "y" lalu Enter.

Pilih mandiri untuk menjalankan proftpd

  
# nano /etc/proftpd/proftpd.conf


 Kemudian Ctrl+X+Y lalu Enter
# service proftpd restart

# adduser murni





 Kemudian masukkan password





Isikan data lengkap anda
Kalau saya hanya memasukkan nama lengkap saya, karena tidak wajib diisi semua





 5. Masukke web browser dan ketikkan ftp://192.168.30.2
Masukkan username dan password


FTP berhasil dibuat


G. Hasil dan Kesimpulan

Saya menginstall dan  konfigurasi ftp ini dengan cara dari Ebook TKJ dan berhasil. Semoga berdasarkan fungsinya dapat saya lakukan dengan lancar selanjutnya.

H. Referensi

Ebook TKJ

I. Penutup

Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih sudah membaca.
Wassalamu'alaikum wr.wb

 

0 komentar:

Posting Komentar