Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ Create VM di Proxmox ~ Murni-||-BLC Telkom Klaten

SMK SAKTI GEMOLONG

BLC Telkom Klaten

Jumat, 09 September 2016

Create VM di Proxmox

Tutorial Membuat VM pada Proxmox
Assalamu'alaikum wr.wb
Selamat siang, kemarin saya telah mencoba membuat vlan id dan membuat VM, nah kali ini saya akan msharing mengenai cara membuat VM di proxmox. Sebelum itu, ada yang tau apa itu VM? Mari kita bahas bersama yuk.

A. Pengertian

Dalam komputasi, sebuah mesin virtual (VM) adalah emulasi dari sistem komputer. Mesin virtual didasarkan pada arsitektur komputer dan menyediakan fungsionalitas dari komputer fisik. Implementasi mereka mungkin melibatkan khusus hardware , software , atau kombinasi.

B. Latar Belakang

Ada berbagai jenis mesin virtual, masing-masing dengan fungsi yang berbeda. Sistem mesin virtual (juga disebut virtualisasi penuh VMS) menyediakan pengganti mesin nyata. Mereka menyediakan fungsi yang dibutuhkan untuk menjalankan seluruh sistem operasi. Sebuah hypervisor menggunakan eksekusi asli untuk berbagi dan mengelola hardware, yang memungkinkan beberapa lingkungan yang berbeda. Masing-masing terisolasi dari satu sama lain, namun yang ada pada mesin fisik yang sama. Hypervisors modern menggunakan hardware-dibantu virtualisasi , hardware virtualisasi khusus, terutama dari CPU tuan rumah. Proses mesin virtual yang dirancang untuk mengeksekusi program komputer dalam lingkungan platform-independen.

 C. Maksud dan Tujuan

VM menyediakan pengganti mesin nyata dan agar saya dapat menginstall Debian Server, maka dari itu VM harus dibuat terlebih dahulu sebelum menginstall Debian Server.

D. Alat dan Bahan

1. PC yang telah terinstall Proxmox
2. Laptop 
3. File ISO Debian
4. Jaringan internet

E. Jangka Waktu yang dibutuhkan

Saya membuat VM ini membutuhkan waktu 5-7 menit saja.
F. Tahap Pelaksanaan

1. Anda masuk terlebih dahulu ke proxmox dengan cara ketikkan: https://192.168.1.10:8006
192.168.1.10 adalah ip proxmox saya.


2. Apabila anda sudah masuk ke tampilan proxmox dan sudah login, maka klik menu Create VM yang ada di kanan atas.


3. Setelah itu, silakan isi pada menu General seperti dibawah ini:
Node: isikan hostname proxmox yang akan dijadikan tempat VM
VM ID: isikan sesuai keinginan
Name: isikan sesuai keinginan
Kemudian klik Next.


4. Akan masuk ke menu OS, silakan pilih sistem operasi laptop kalian, kalau saya menggunakan Linux 4.x, lalu klik Next


5. Akan masuk ke menu CD/DVD, anda disuruh untuk memasukkan file iso debian yang telah terupload. Lalu klik Next.


6. Anda akan masuk ke menu Harddisk dan isikan seperti berikut ini.
Kalau storage nya saya isikan freenas, karena saya menggunakan freenas sebagai media penyimpanannya.


7. Akan masuk ke menu CPU, langsung Next saja.


8. Selanjutnya masuk ke menu Memory, silakan isikan berapa ukuran/kapasitas memory yang anda inginkan. Lalu klik Next.


9. Masuk ke menu Network dan vlan tag nya silakan isi vlan id yang sudah anda buat. Klik Next.


10. Masuk ke confirm, dan klik Finish.

Nah, sudah selesai. Mari kita lihat apakah VM nya sudah jadi atau kedetek belum.



G. Hasil dan Kesimpulan

Setelah membuat VM dan sudah jadi, maka saya dapat menginstall Debian Server.
VM ini juga menyediakan fungsi yaitu sebagai pengganti mesin yang nyata.

H. Referensi

Ebook TKJ

I. Penutup

Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat apabila ada kurang dan salahnya saya mohon maaf. Terima kasih karena sudah membaca dan selamat mencoba semoga berhasil.
Wassalamu'alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar