Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ Konfigurasi Virtualhost (Sub Domain) di Debian 8.5 ~ Murni-||-BLC Telkom Klaten

SMK SAKTI GEMOLONG

BLC Telkom Klaten

Sabtu, 24 September 2016

Konfigurasi Virtualhost (Sub Domain) di Debian 8.5

Membuat Virtualhost di Debian 8.5



Assalamu'alaikum wr.wb
Selamat siang kawan? Masih semangat kan? Pastinya masih dong :)
Simak dan coba tutorian dari saya yuk. Saya kali ini akan mencoba membuat virtualhost atau sub domain pda VM Debian 8.5 . Langsung saja ya.

A. Pengertian

Virtual hosting adalah sebuah metode untuk hosting beberapa nama domain (dengan penanganan yang terpisah masing-masing nama) pada satu server yang (atau kolam renang dari server). Hal ini memungkinkan satu server untuk berbagi sumber daya, seperti siklus memori dan prosesor, tanpa memerlukan semua layanan yang disediakan untuk menggunakan nama host yang sama. The virtual hosting Istilah ini biasanya digunakan dalam referensi untuk server web tetapi prinsip-prinsip yang membawa ke layanan internet lainnya.

B. Latar Belakang

Saya mengkonfigurasi virtualhost ini untuk memudahkan pengguna internet dalam mengingat nama server tanpa mengingat ip nya.

C. Maksud dan Tujuan

Saya mengkonfigurasi virtualhost ini agar menghemat dan mempermudah mengingat nama server dan tidak perlu menuliskan alamat ip nya.

D. Alat dan Bahan

1. PC sebagai server
2. Laptop
3. Sumber internet

E. Tahap Pelaksanaan

1. Silakan masuk ke direktori /var/www terlebih dahulu.
Dengan cara ketikkan perintah: #cd /var/www


2. Kemudian didalamnya kita buat folder "portal" dengan masukkan perintah #mkdir portal


3. Lalu, silakan tambahkan file konfigurasi seperti berikut ini pada direktori /var/www/portal/index.html
Dengan cara masukkan perintah: #nano /var/www/portal/index.html

Setelah itu, simpan dengan menekan tombol CTRL+X, Y kemudian Enter.

4. Berikutnya, silakan masuk ke direktori /etc/apache2/sites-available


5. Untuk mempermudah konfigurasinya, maka silakan salin file default nya ke dalam file yang telah kita buat tadi. Dengan cara ketikkan perintah #cp 000-default.conf portal.conf
Kemudian kita lihat isi filenya dengan cara memasukkan perintah #ls


6. Setelah itu, kita tambahkn file konfigurasi  pada portal.conf
Dengan perintah: #nano portal.conf
Dan tambahkan file nya seperti dibawah ini.


7. Kemudian aktifkan file yang telah kita buat tadi dengan masukkan perintah: #a2ensite portal


8. Selanjutnya kita reload apache2 nya dengan masukkan perintah seperti berikut ini.


9. Coba periksa pada web browser dan ketikkan name server nya tadi yang telah kita tambahkan tadi.
Dan apabila sudah berhasil maka akan muncul halaman seperti berikut ini.


F. Hasil dan Kesimpulan

Setelah konfigurasi untuk membuat virtualhost sub domain ini, saya dapat mencoba dengan memasukkan nama server saya bukan dengan alamat ip server saya dan berhasil sehingga dapat masuk ke halaman yang telah saya isikan sama seperti di buku panduan dari BLC Telkom.

G. Referensi

Ebook TKJ (Buku Konfigurasi Debian Server)
https://farid1611.blogspot.co.id/2016/07/konfigurasi-virtualhost-sub-domain-di.html

H. Penutup

Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Apabila ada kurangnya saya mohon maaf. Terima kasih sudah menyimak dan berkunjung di blog saya.
Wassalamu'alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar