Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ Konfigurasi NAT dan IPTABLES di Debian Router ~ Murni-||-BLC Telkom Klaten

SMK SAKTI GEMOLONG

BLC Telkom Klaten

Senin, 26 September 2016

Konfigurasi NAT dan IPTABLES di Debian Router

Tutorial Konfigurasi IPTABLES dan NAT di Debian Router


Assalamu'alaikum wr.wb
Hallo sobat pengoprek server :) Mau sharing sedikit tentang tutorial konfigurasi NAT dan menambahkan iptables di debian router. Silakan disimak dan dikoreksi ya apabila ada kesalahan teknis. Langsung saja yuk dimulai.

A. Pengertian

     Penafsiran alamat jaringan (Bahasa Inggris:Network Address Translation) adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Banyaknya penggunaan metode ini disebabkan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas, kebutuhan akan keamanan (security), dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan.
     Iptables adalah user-space program aplikasi yang memungkinkan administrator sistem untuk mengkonfigurasi tabel yang disediakan oleh Kernel Linux Firewall (diimplementasikan sebagai berbeda Netfilter modul) dan rantai maupun peraturan disitu.

B. Latar Belakang

Iptables menyediakan packet filtering, terjemahan alamat jaringan (NAT) dan mangling paket lainnya. Dua dari penggunaan yang paling umum dari iptables adalah untuk memberikan dukungan firewall dan NAT.

C. Maksud dan Tujuan

Saya melakukan konfigurasi ini adalah agar setiap ethernet yang ada di debian router dapat saling terhubung dengan menggunakan switch dan supaya mendapatkan akses internet. 

D. Alat dan Bahan

1. PC sebagai debian router
2. Laptop untuk meremote
3. Switch
4. Kabel UTP Straight
5. Access point
6. Sumber internet

E. Jangka Waktu yang dibutuhkan

Untuk mengkonfigurasi ini, saya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit, karena saya dan teman teman saya ada kendala dan trouble dalam mengkonfigurasi.

F. Tahap Pelaksanaan

1. Pertama kita aktifkan terlebih dahulu ip forwarding, ip forwarding berguna untuk dapat menentukan jalur mana yang dipilih untuk mencapai network tujuan, yaitu dengan cara ketikkan perintah #nano /etc/sysctl.conf



2. Setelah itu, cari kata net.ipv4.ip_forward=1
Dengan cara tekan Ctrl+W masukkan kata diatas. 




3. Lalu setelah anda temukan anda hilangkan tanda pagar (#) didepannya.



  
4. Lalu anda periksa dengan perintah: #sysctl -p maka hasil yang muncul net.ipv4.ip_forward = 1

5. Silakan tambahkan file konfigurasi pada direktori /etc/rc.local 



 
 Tambahkan file nya seperti dibawah ini.






6. Setelah itu kita reboot PC Router kita dengan perintah #reboot


7. Silakan cek apakah pada tabel iptables ada rule yang tadi kita buat dengan cara masukkan perntah seperti berikut ini.




Dan inilah tampilannya jika sudah berhasil.



Selesai...!!!

G. Hasil dan Kesimpulan

Dengan berhasilnya konfigurasi NAT dan iptables ini, maka semua ethernet dapat terhubung dengan menggunakan switch dan mendapat koneksi. 

H. Referensi


I. Penutup

Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat, selamat mencoba semoga berhasil. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar