Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ Tutorial Install dan Konfigurasi Webmin di Debian 8.5 ~ Murni-||-BLC Telkom Klaten

SMK SAKTI GEMOLONG

BLC Telkom Klaten

Rabu, 28 September 2016

Tutorial Install dan Konfigurasi Webmin di Debian 8.5

Tutorial Install dan Konfigurasi Webmin di Debian 8.5
Assalamu'alaikum wr.wb
Hallo sobat TKJ? Masih semangat kan? tentunya masih dong. Oke, disini saya akan sharing tentang installasi dan konfigurasi webmin di debian 8.5. Langsung saja ya kita simak dan coba bersama.

A. Pengertian

Webmin adalah antarmuka berbasis web untuk administrasi sistem untuk UNIX, menggunakan browser web yg modern, anda dapat mengatur account pengguna, setup apache, DNS, file sharing, dan banyak lagi. Webmin menghilangkan kebutuhan untuk secara manual mengedit file konfigurasi Unix seperti / etc / passwd, dan memungkinkan anda untuk mengelola sistem dari konsol jarak jauh, jadi selain menggunakan remote access secara cli yaitu telnet dan ssh ternyata juga dapat dipantau melalui web dan digunakan diatur admin melalui web browser.

B. Latar Belakang

Webmin ini memungkinkan anda untuk mengelola sistem dari konsol jarak jauh. Jadi selain mengunakan remote access secara CLI yaitu telnet dan ssh ternyata juga dapat dipantau melalui web dan digunakan dan diatur admin melalui web browser.

C. Maksud dan Tujuan

Agar saya mengetahui apakah bisa sistem yang saya gunakan dapat diremote dan dipantau melalui web dan dapat digunakan serta diatur melalui web browser.
D. Alat dan Bahan

1. PC Server
2. Laptop
3. Aplikasi webmin yang telah didownload
4. Terhubung dengan internet.

E. Tahap Pelaksanaan

1. Download terlebih dahulu aplikasi webmin nya di http://www.webmin.com 
Setelah mendownload, sebelum menginstallnya anda harus menginstall dependensi paket yang dibutuhkan webmin, dengan cara masukkan perintah  
#apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl apt-show-versions python



Tekan Enter langsung saja atau ketik "y" lalu Enter untuk continue.




2.  Setelah selesai menginstall dependensi tersebut, anda dapat menginstall webmin dengan perintah #dpkg -i webmin_1.720_all.deb




3.  Kemudian masukkan https://ip server:10000 pada web browser. Maka akan muncul tampilan pertama login webmin seperti berikut ini.


Masukkan username: root , dan password: (password server). Klik Logn.


4. Nah, maka akan masuk ke webmin.





F. Hasil dan Kesimpulan

Dengan menggunakan Webmin kita bisa mengatur account pengguna, setup DNS, Apache2, File sharing dan masih bnyak lagi. Webmin menggunakan port 10000 dan Webmin juga memberikan kemudahan untuk memberikan fungsi baru.

G. Referensi

Ebook TKJ (Buku Konfigurasi Debian Server)

H. Penutup

Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat. Apabila ada kesalahan mohon maaf. Selamat mencoba semoga berhasil. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar